Berita


Program BUTIK-CIMB Niaga 2012
01/05/2012, 10:46 WIB

Program Beasiswa Unggulan Teknologi Indutri Kreatif atau disingkat BUTIK CIMB Niaga adalah Program Beasiswa Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh CIMB Niaga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud RI) untuk para mahasiswa yang menjadi pelaku usaha kecil dan menengah atau dengan pengertian lain sebagai wirausaha muda dalam kategori mahasiswa.

      Latar Belakang

  1. Kewirausahaan adalah penggerak ekonomi dalam masyarakat, yang bila dijalankan dengan benar akan menghasilkan profit, namun harus dibarengi dengan penguatan di sisi lain sehingga dalam perkembangannya siap menghadapi era globalisasi.
  2. Diperlukan sistim bisnis baru bagi pelaku usaha yang mampu menstimulasi perubahan signifikan yang lebih bermanfaat secara ekonomi dan berpihak pada kehidupan sosial masyarakat.
  3. Kewirausahaan bisa menjadi lokomotif perubahan dampak sosial yang berujung pada peningkatan level taraf kehidupan sebagai efek peningkatan kehidupan ekonomi, melalui 3 pintu sebagai bottom line nya yaitu: financial, sosial dan lingkungan.
  4. Dampak lingkungan adalah kondisi alam dan masyarakat sebagai akibat pola aktivitas ekonomi yang lebih ramah publik dan lingkungan, dibutuhkan sentuhan sosial di dalam hati dan pikirannya serta dapat menggunakan prinsip-prinsip entrepreneurial untuk terlibat dalam pola ini.

      Tujuan

  1. Menciptakan pelaku usaha yang mampu meng-encourage dunia bisnis untuk melahirkan lebih banyak creative social entrepreneurship muda sebagai lokomotif perubahan kearah bisnis dan kemandirian yang kooperatif, seimbang antara konsep keuntungan dan kesejahteraan.
  2. Mahasiswa sebagai angkatan muda dalam masyarakat, akan segera menjadi anggota masyarakat yang produktif dan diharapkan mampu mengatasi berbagai masalah sosial yang ada dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitarnya

Persyaratan Peserta

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berusia maksimum 25 tahun (saat mengikuti beasiswa).
  3. Mahasiswa dari Universitas Negeri atau Swasta di seluruh Indonesia mulai semester 5

      pendidikan jenjang S1 dan/atau mulai semester 3 pada pendidikan Vokasi/Politeknik.

  1. Memiliki IPK sedikitnya 2 tahun berturut-turut minimal 2,75 (skala 4,00).
  2. Memiliki usaha aktif sedikitnya 6 bulan.
  3. Menyerahkan Laporan Usaha (Kinerja Keuangan dan Pemasaran).
  4. Lolos proses seleksi yang ditetapkan CIMB Niaga dan Kemdikbud RI.